Sedikit Sharing

Hidup itu seperti roda, roda yang berputar pada porosnya
Kita tidak mungkin memaksakan untuk berputar keluar dari poros yang ditentukan oleh semesta
Roda itu berputar dari bawah ke atas
Lalu dari atas ke bawah
Sudah seperti itulah siklusnya
Jadi bersiaplah dengan segala perputaran yang akan terjadi kedepannya

Kalau ditanya hal apa yang terjadi saat aku berada di bawah?
Saat aku dinyatakan oleh dokter mengidap tumor yang ada di dada aku
Hanya ingin share, siapa tau yang wanita juga mengalami kekhawatiran seperti aku dulunya

Jadi, begini ceritanya.
Dulu waktu semester 3 sampai semester 4, aku tinggal di rumah Malang sendiri
Yapp benar-benar sendiri, hanya aku
Dan saat itu aku benar-benar belum bisa masak (kecuali masak yang umum bisa kok)
Aku tipe orang yang malas banget kalau keluar rumah
Dan satu lagi, aku orang ekonomi yang selalu memikirkan penghematan uang
Alhasil aku makan dirumah dengan makanan yang serba instan

Pagi : nugget, kentang goreng
Sore/malam : mie goreng instan
Mostly hampir tiap hari itu-itu aja makanannya
Semester 3 berlalu, dan masuk semester 4

Aku merasakan nyeri di bagian dada setiap shalat
Seperti rukuk, ataupun sujud
Dan itu terjadi setiap aku shalat
Aku mulai khawatir dong ini ada apa kok nyeri
Selama itu aku gak pernah check ke dokter
Dan seminggu kemudian karena aku gak bisa tahan lagi nyerinya
Aku ke rumah sakit dekat rumah
Kata dokter ada benjolan di dada dan harus di scan untuk make sure hasil perkiraan dokter
Setelah itu di check, lalu hasil scannya keluar
Dan emang bener aku kena tumor

Saat itu aku benar-benar kaget
Aku takut kalau tumor itu berubah jadi kanker
Gak bisa mikir lagi, dan mau gak mau aku harus kasih tau orangtua mengenai keadaan aku
Aku telpon orangtua saat itu juga dan aku jelasin pelan-pelan
Hingga akhirnya aku disaranin papa untuk operasi pengangkatan tumor

Saat itu aku sebagai wanita khawatir dong ya
Aku search di google banyak banget mengenai tumor hingga kanker
Bukannya tenang malah makin tambah takut kalau lihat gambar di google
Jadi saran aku gak usah terlalu kepo hehe
Setelah itu papa aku cari referensi rumah sakit untuk pengangkatan tumor aku
Temen papa saranin di rumah sakit Onkologi Surabaya
Itu rumah sakit swasta khusus pasien kanker dan disana dokternya spesialis

Lalu papa aku ke Surabaya dan aku juga ke Surabaya
Kita ketemunya di rumah sakit Onkologi
Datang-datang kesana eh langsung check, disuruh scan dan biopsi untuk make sure lagi
Kalian tau yang bikin aku kaget apa?
Ternyata tumornya ada di dada kiri dan dada kanan
Aku kaget dong, karena pas aku cek di rumah sakit Malang kata dokternya cuma dada kanan
Setelah itu benjolan yang ada di dada aku ditandai pakai spidol supaya memudahkan pengangkatan tumor

Besoknya aku dijadwalkan jam 6 pagi untuk operasi tumor, dan gak tau kenapa pas itu aku benar-benar santai banget
Gak takut apa-apa gitu dan gak khawatir terjadi apa-apa
Aku ingat banget terakhir sebelum dikasih obat bius aku ngelihat lampu di ruang operasi yang terang banget
Aku kira udah on the way heaven wkwkwk

Tau-tau aku bangun dan buka mata udah diatas tempat tidur
Dengan dada yang benar-benar nyeri banget dan di perban
Waktu itu perut aku lapar bangetttttttt, dan pas itu papa aku beliin makan
Tapi malah aku muntahin karena ngerasain mual banget
Mungkin efek bius yang diberikan saat operasi tadi

Sebenarnya dokter nyaranin 1 hari rawat inap di rumah sakit
Tapi karena aku masih ngerasain nyeri di dada aku, aku pengen 2 hari rawat inap
Setelah itu balik ke Malang
Aku gak boleh mandi selama seminggu karena bekas operasi gak boleh kena air
Bolehnya sih seka-seka gitu

Waktu balik Malang, papa aku juga nemenin
Karena aku sendirian di rumah Malang takut kenapa-kenapa
Tapi karena papa gak bisa lama-lama nemenin aku di Malang karena tuntutan kerja
Jadinya ya gituuu sendirian lagi di Malang ahahhaaa
Sedih sih sedih banget gak ada yang nemenin di rumah
Kalau nyeri ya nyeri sendiri, meringis sendiri

Dan seminggu setelah operasi aku harus check up ke Surabaya lagi
Ke Surabaya juga check up sendiri, gak ada yang nemenin
Dan saat-saat itu aku ngerasain benar-benar butuh peran keluarga
Tapi mau gimana lagi ya, masa iya aku maksain untuk minta ditemenin
Masa iya aku nyuruh keluarga aku yang jauh untuk datang nemenin aku check up
Terlebih lagi aku anak pertama, jadi aku harus mengerti realita yang terjadi di keluarga aku
Mungkin juga karena aku terbiasa mandiri dan melakukan semua sendiri
Jadi ya sudah terbiasa aja hidup sendiri

Setelah kejadian itu, aku benar-benar sayang banget sama tubuh aku
Hahahaa bukannya apa ya, biaya rumah sakit sekarang mahal
Dan kalau kalian masih ditanggung orangtua jangan sekali-kali mencoba cari penyakit
Mudah saja kok caranya kalau ingin menyakiti tubuh masing-masing
Tapi kalau sudah jatuh sakit dan mau kembali sehat lagi
Itu gak semudah kalian nyakitin tubuh kalian
Sehat itu akan mahal bagi orang yang pernah dan sedang merasakan sakit

Jadi intinya banyak bersyukur aja
Kadang diatas, kadang dibawah
Kalau kamu lagi dibawah ya jalanin aja sekuat yang kamu bisa
Nanti akan ada waktunya kamu diatas

Share:

0 comments