3 Kata Ajaib

Ada 3 kata sederhana yang memiliki arti yang begitu ajaib dan cukup memberikan makna positif bagi orang lain yang mendengarnya.

Dale Carnegie dan John C Maxwell, tokoh motivator kepemimpinan terkenal bahkan mengungkapkan, tiga kata ini adalah tiga mantera ajaib untuk membuat orang mengikuti apa yang anda inginkan.

Tapi di jaman yang sekarang ini kata-kata itu jarang banget terdengar.
Gak usah jauh-jauh deh, ambil contoh aja di keseharian kita. Pasti ada aja kejadian yang seharusnya ada 3 kata sederhana ini tapi karena emang jamannya udah beda ya, jadi 3 kata ini jarang banget kedengaran. Padahal kata-kata ini sederhana banget, tapi kenapa beberapa orang susah banget ngucapinnya.

3 kata ini adalah Maaf, Tolong, dan Terima Kasih

Maaf
Manusia adalah tempatnya salah dan khilaf, seperti ungkapan yang terkenal “nobody’s perfect”. Maka dari itu kita sangat dianjurkan untuk meminta maaf ketika kita bersalah. Tapi kenapa kita sering sekali susah untuk mengucapkan “maaf”? jawabannya adalah karena “maaf” itu membutuhkan keikhlasan yang luar biasa bagi yang mengucapkannya. Meminta maaf akan membuat kita semakin mulia, baik disisi manusia maupun disisi Allah swt. Bagi Allah orang yang meminta maaf dengan tulus kepada orang lain akan dilihat oleh Allah sebagai orang yang rendah hati dan tidak sombong, karena kesombonganlah yang menjadikan alasan mengapa kita tidak mau meminta maaf.

Tolong
Manusia itu merupakan makhluk social , maksudnya kita tidak akan bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Mengapa kata “Tolong” sulit diucapkan ya? Apalagi, bagi orang yang merasa memiliki kedudukan social yang tinggi. Padahal kedudukan social itu tidak berpengaruh apa-apa. Kata “Tolong” membuat kita sadar akan keterbatasan dan kelemahan yang dimiliki. “Tolong” membuat kita lebih mampu untuk menerima diri sendiri apa adanya, dan melihat apa yang bisa dan tidak bisa kita lakukan.

Terima Kasih
Terima Kasih adalah salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah swt. melalui perantara manusia. Kaa “terima kasih” sangat sulit diucapakan karena memang ucapan “terima kasih” membutuhkan ketulusan dari yang mengucapkannya. Menurut riset, dalam menjalani hubungan dengan orang lain, ucapan “terima kasih” sekecil apapun dapat membuat suatu hubungan menjadi harmonis dan lebih baik.

Nah, dari ketiga kata ajaib diatas aku sering ketemu orang yang selalu lupa bilang "terima kasih" setelah aku bantu mereka. Bukannya gak ikhlas bantu atau gimana ya, ini semua soal attitude guys. Setidaknya kamu harus menghargai usaha seseorang yang baru niat bantu kamu, apalagi kalo udah beneran bantu.

Ada beberapa waktu saat teman dekatku sendiri gak bilang terima kasih. Sangking jengkelnya, aku sampai pernah nyindir teman dekatku sendiri di medsos, dan gak tau kenapa temanku ini tiba-tiba langsung hubungi aku dan minta maaf. Walaupun aku sendiri jadi gak enak juga ke dia, tapi memang harus begitu adanya. Aku sudah bantu dan aku cuma butuh kata "terima kasih". Apakah itu berat untuk dikatakan? Well, semua balik ke diri masing-masing. Bisa menghargai usaha seseorang atau gak :)

Pada intinya, ingat selalu 3 kata sederhana itu, jangan sampai lupa untuk membiasakan diri mengucapkan kata “maaf”, “tolong”, dan “terima kasih” kepada siapapun karena kekuatan kata-kata tersebut sangat luar biasa guys. Walaupun bagi sebagian orang ini tidak terlalu penting, tapi sebagian orang lagi menganggap ini penting. So, jadilah bagian dari orang yang menganggap 3 kata sederhana diatas penting karena secara tidak langsung itu membentuk attitude yang baik :)

Share:

1 comments

  1. Terima Kasih Aanisa, sudah nulis '3 kata ajaib' ini... Osu!!!

    ReplyDelete