Apakah Aku Mengenal Diriku Sendiri?

Berapa banyak di antara kita yang mengenal dirinya? 
Apakah aku telah mengenal diriku sendiri selama ini? Ternyata aku lebih mengenal diriku yang palsu daripada diriku yang asli.
Kerap aku bicara tentang harga diri. Tapi aku tak bisa menghargai diriku dengan melakukan hal yang memalukan. 
Bukan hanya tidak menghargai diri. Tapi tidak menghargai orang lain.
Aku sadar diriku ini manusia, makhluk yang mulia diciptakan Tuhan. 
Tapi aku tetap melakukan hal yang tak pantas dilakukan sebagai manusia.
Aku yang mengaku umat beragama dimana ajarannya tentang kedamaian dan kebaikan. 
Tapi hidupnya berantakan dan masih setia dalam keburukan. 
Agama hanya menjadi pakaian atau identitas diri saja.
Aku pula yang mengaku ber-Tuhan. 
Tapi membohongi Tuhan tetap dijalankan. Aku menyembah-Nya. 
Di lain waktu juga menyepelekan. Tak segan melanggar larangannya. Lupa siapa diriku.
Apa yang aku lakukan tak sesuai dengan kepribadianku yang sejati. Karena tak sesuai perintah sang pencerah yang bersemayam di dalam diriku. Aku telah menipu diri dengan tidak berkelakuan sesuai hakekat diri yang sesungguhnya.
Aku lebih memilih hidup dengan diriku yang palsu. 
Dengan tubuh dan pikiran ini bukan dengan diriku yang sejati yang kelak akan mempertanggung jawabkan segala perbuatanku. 
Aku benar-benar tertipu hidup dengan tidak mengenal hakekat diriku yang sejati.

Share:

0 comments